Kamis, 15 Maret 2018

Jarang Terlihat, 7 Makanan Unik Ini Kuliner Khas Ioh??                                                                                                                                                                                                                    Baru mengulik jenis makanan yang sering dijajakan di suatu daerah saja sudah banyak jenisnya. Apalagi kalau kita mencoba mencari lebih dalam lagi makanan yang sudah punah atau malah sudah tidak dibuat lagi karena kalah populer dengan sushi, udon dan pizza. 

Jarang Terlihat, 7 Makanan Unik Ini Kuliner Khas Indonesia Juga Lhoini tinggal nama saja, alangkah baiknya kita sebagai generasi muda bisa mengenal lebih dekat beberapa nama makanan yang bisa dibilang jarang terdengar di kancah kuliner nusantara. Siapa tau, dengan lebih kenal akan membuat beberapa dari kita tergerak untuk melestarikan atau malah mempopulerkan lagi makanan-makanan tersebut.

Populer di daerah Palembang, Bengkulu, Lampung dan Jambi, tempoyak adalah makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Biasa dikonsumsi sebagai lauk yang dimakan dengan nasi, citarasa dari tempoyak adalah asam akibat fermentasi bahan bakunya yaitu durian.
Tempoyak dibuat dengan menggunakan daging buah durian lokal yang masak atau yang sudah terlalu matang. Beri garam lalu simpan di wadah tertutup. Sebaiknya proses fermentasi daging durian ini dilakukan dalam suhu ruangan demi mempercepat prosesnya.

Tempoyak yang sudah berumur 3-5 hari sudah bisa diolah menjadi sambal tempoyak, dimasak dengan campuran daging ayam atau dibuat menjadi sambal goreng udang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar