Kamis, 15 Maret 2018

Penyakit-penyakit zaman dulu 'Vampir adalah salah satu dari beberapa monster yang paling abadi yang telah kita ciptakan. Penyakit-penyakit yang mewabah pada zaman nenek moyang dahulu berperan besar atas penciptaan mereka.
Penyakit-penyakit tersebut adalah sesuatu yang menakutkan sebelum zaman pengobatan ilmiah. Wabah dan penyakit menular dapat muncul tanpa pertanda dan menyebabkan kematian serta kesengsaraan.
Bukan hanya wabah penyakit saja. Penyakit-penyakit lainnya, yang mungkin ditularkan oleh binatang-binatang atau berada di gen 'yang sedang tidak aktif' yang berada di tubuh manusia, dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang membutuhkan penjelasan ilmiah.
Namun, orang-orang malahan beralih ke hal-hal supernatural. Beberapa dari penyakit ini membantu 'melahirkan' salah satu mitos monster yang paling dikenal luas di peradaban manusia, yaitu vampir.
Vampir, suatu sosok makhluk yang mati dan hidup kembali yang bangkit tiap malam dari makamnya untuk Sementara beberapa filsuf tua bijaksana yang masih kita kagumi saat ini mungkin bisa hidup hingga umur 70-an tahun, tapi angka harapan hidup rata-rata pada zaman Yunani Kuno adalah sekitar 28 tahun saja.
Pada masa berabad-abad sebelum ada sanitasi, lemari pendingin dan antibiotik itu penyakit-penyakit lebih merajalela dan jauh lebih memungkinkan membuat orang mati muda.

Tapi, tanpa mikroskop untuk mempelajari 'penyerang' kecil ini, komunitas pada zaman dulu melihat adanya campur tangan supernatural pada banyak penyakit ini muncul sejak zaman yunani kono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar